Senin, 04 Maret 2013

Danau Gunung Tujuh.

Danau Gung Tujuh Kerinci Jambi
Danau Gunung Tujuh terletak di Desa Pelompek, Kecamatan Ayu Aro, Kabupaten Kerinci, Jambi. Danau ini tercatat sebagai danau volkanik tertinggi di Asia Tenggara dengan ketinggiannya yang mencapai 1.950 meter dari permukaan laut.

Wisata alam ini terbentuk karena peritiwa meletusnya Gunung Tujuh. Akibat peristiwa alam tersebut mengakibatkan terbentuknya sebuah kawah yang lambat laun terisi oleh air hujan. Setelah kejadian ini barulah bekas letusan dinamakan sebagai Danau Gunung Tujuh.

Keindahan alam dikawasan ini masih sangat asri. Udara di tempat ini bisa membuat wisatawan betah berlama-lama. Suasana yang disuguhkan juga sangat nyaman dan tentram. Di beberapa spot sekitar danau
terdapat hamparan pasir seperti pantai. Biasanya para wisatawan membangun kemah di tempat ini untuk menunggu matahari terbit. Saat sunrise, wisatawan bisa melihat danau dengan paras yang elok.

Keindahan danau ini semakin bertambah dengan adanya tujuh gunung yang mengelilinginya. Ketujuh gunung tersebut, meliputi Gunung Hulu Tebo, Gunung Hulu Sangir, Gunung Madura Besi, Gunung Lumut, Gunung Selasih, Gunung Jar Panggang, dan Gunung Tujuh. Selain itu, air di danau ini juga menjadi sumber mata air yang berasal dari Air Terjun Gunung Tujuh, Air Terjun Terjun Telun Berasap, dan Sungai Batang Sangir. Konon Danau Gunung Tujuh merupakan danau sakti. Percaya tidak percaya menurut masyarakat danau ini dijaga dan dihuni oleh dua makhluk halus. Masyarakat menyebut kedua makhluk tersebut dengan nama Lbei Sakti dan Saleh Sri Menanti. 

Untuk sampai ke tempat ini wisatawan harus melewati 3 tahap perjalanan. Tahap pertama ada tiga alternatif jalan yang bisa dilalui, yaitu perjalanan dari Kota Jambi ke Sungai Penuh yang dapat, perjalanan Kota Padang ke Tapan kemudian ke Sungai Penuh, atau dari Kota Padang ke Muralabuh yang di lanjutkan ke Sungai Penuh. Ketiga alternatif ini memiliki jarak dan waktu tempuh yang berbeda-beda.

Kedua, Setelah sampai di Sungai Penuh wisatawan melanjutkan ke Desa Pelompek. Perjalanan ini bisa memanfaatkan kendaraan umum. Jarak dari Sungai penuh menuju Pelompek membutuhkan waktu 1,5 jam dengan jarak 50 km. Jika sudah sampai di Desa Pelompek wisatawan tinggal berjalan kaki untuk mencapai lokasi Danau Gunung Tujuh.

Saat berjalan kaki ada dua rute yang bisa dilewati oleh wisatawan. Rute yang pertama, bisa memulai dari pos jaga kawasan Gunung Tujuh ke tepi danau dengan jarak 3 km dengan waktu tempuh 2,5 jam. Rute kedua, wisatawan bisa memulai dari belakang wisma tamu Gunung Tujuh ke tepi danau dengan jarak 2,5 km. Medan yang dilewati memang cukup curam sehingga waktu tempuh yang diperlukan sedikit lebih lama dari rute pertama. Tapi, bagi wisatawan yang memiliki nyali bisa mencoba rute yang kedua.

Fasilitas yang disediakan di kawasan ini tergolong memadai. Di sini terdapat homestay dan tempat makan yang menyediakan masakan khas kerinci. Letak tempat-tempat ini juga tidak terlalu jauh dari lokasi Danau Gunung Tujuh.

Danau Gunung Tujuh

 
Danau Gunung Tujuh terlihat dari Gunung Kerinci

Danau Gunung Tujuh terlihat dari Gunung Kerinci

Danau Gunung Tujuh

1 komentar: